Laman

Jumat, 02 Januari 2015

Tips Internet Marketing: Jadilah Yang Berbeda

Dalam dunia marketing, termasuk internet marketing, ungkapan ini berlaku: Lebih bagus sedikit berbeda daripada sedikit lebih baik. Yang akan ditekankan pada tips internet marketing kali ini adalah marketing nya, bukan internet nya apalagi akal - akalan nya. Ya, untuk sukses dalam dunia internet marketing, penguasaan konsep-konsep marketing sangatlah diperlukan. Ingat internet itu hanyalah media, yang akan membuat calon pelanggan anda membeli adalah bagaimana kita mengemas atau cara memasarkan jasa atau produk yang kita miliki, dengan kata lain? Ya marketing itu sendiri.



Pelajaran internet marketing di artikel ini berdasarkan kisah sukses salah satu produk rokok ternama di Indonesia, anda bisa menebaknya? Ya, betul Dji Sam soe. Dji Sam Soe punya diferensiasi sebagai rokok tembakau, bukan rokok saus. Artinya, rasa nikmatnya harus tergantung pada mutu tembakaunya, bukan dari sausnya. Saus yang biasanya dipakai untuk menutup rasa tembakau yang bisa beragam, tergantung dari mutu panennya, tidak terlalu diandalkan.

Diferensiasi ini terbukti sukses sehingga akhirnya sampai sekarang pun Dji Sam Soe menjadi merek rokok yang paling tua di Indonesia, dan masih menjadi "cash cow" dari Sampoerna. Inilah rokok kretek termahal di dunia. Dji Sam Soe juga digelari sebagai "The Ultimate Smoking Pleasure", secara tidak resmi tentunya. Bahkan dulu ketika sempat dipasang tulisan pada kemasannya yang menyatakan bahwa orang yang batuk dan menghisap Dji Sam Soe lalu batuknya bisa sembuh, banyak orang yang percaya. Konsep diferensiasi dalam dunia Internet marketing bisa dilakukan mulai dari hal sederhana seperti desain website / blog, cara penyajian artikel, atau jika anda yang menggunakan iklan berbayar di facebook atau google adwords, dengan menampilkan gambar unik.


Contoh lain dari menjadi berbeda bisa dilihat dari produk rokok lainnya, Djarum. Victor Hartono, generasi ketiga Djarum, sudah menggebrak dengan menjadi pemain kedua yang kuat, salah satu merek nya yaitu Djarum Black mempunya berbagai diferensiasi yang cukup solid. Kemasannya yang serba hitam sangat berbeda dibanding merek-merek lain. Begitu juga dalam hal produknya sendiri yang punya berbagai varian. Djarum Black Slimz ukurannya lebih kecil daripada ukuran rokok yang biasa. Dari segi rasa juga macam-macam, ada yang original, rasa cappuccino, dan rasa teh. Dan yang paling unik tentunya pembentukan komunitas Djarum Black. Di tengah berbagai merek rokok yang rajin menggelar event musik, Djarum Black memilih jalur lain dengan membentuk komunitas. Merek ini juga menggunakan internet sebagai penggerak komunitas tersebut. Langkah ini terbukti cukup sukses yang ditunjukkan dengan meningkatnya penjualan dan juga persepsi konsumen yang baik.


Hal diatas memperlihatkan bahwa diferensiasi selalu bisa dicari. Dalam dunia internet marketing, anda tidak harus menawarkan produk yang berbeda atau unik. Tetapi diferensiasi dalam internet marketing bisa dilihat dari segi traffic source, misalkan anda mengandalkan forum-forum niche, untuk yang mengandalkan facebook, disamping membuat fanpage, anda membentuk group yang memberi edukasi seputar jasa / produk yang anda tawarkan. Diferensiasi dalam internet marketing juga dengan memberikan gimmick. Misalnya anda menjual kemeja atau tshirt online, dalam paket pengiriman, anda bisa menyertakan stiker, atau pembatas buku, atau gimmick - gimmick lainnya. Dengan demikian akan tercipta pengalaman berbeda di benak pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar