Laman

Sabtu, 27 Desember 2014

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok
Kerontokan rambut terjadi pada semua orang dan memang itu merupakan hal yang normal. Umumnya kerontokan rambut terjadi dengan jumlah dibawah seratus helai. Kerontokan dalam jumlah tersebut masih bisa dianggap wajar dan, selama kerontokan tidak terjadi pada akar, rambut tersebut akan tumbuh kembali. 
Kerontokan sampai ke akar rambut, yang merupakan penyebab utama dari kebotakan, dapat terjadi karena beberapa hal.
Yang pertama adalah faktor usia. Dalam setiap siklus pertumbuhan rambut ada masa tumbuh dan masa istirahat. Nah, khususnya pada pria, pertumbuhan rambut mulai mengalami perlambatan sejak umur tiga puluhan dan masa istirahat pertumbuhan rambut juga semakin lama.



Penyebab rambut rontok yang kedua adalah karena bahan kimia seperti penggunaan pewarna rambut yang berlebihan. Pewarna rambut mengandung zat kimia yang dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut. Penyebab kerontokan rambut yang lain adalah kurang nya nutrisi dan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Di bawah akan dijelaskan bahan alami yang mengandung vitamin E tinggi sehingga berkhasiat untuk mengatasi kebotakan atau kerontokan rambut. Penyebab lain yang telah terbukti secara klinis adalah mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti junkfood, kebiasaan merokok, faktor keturunan, Stress berlebihan yang dapat menyebabkan ketegangan pada leher dan kepala sehingga mengganggu aliran darah, Dan penyakit seperti kanker

Cara Mengatasi Rambut Rontok
Di pasaran terdapat beberapa produk untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut, misalnya saja hair growth serum dari Rudy Hadisuwarno, anda bisa mendapatkan nya di supermarket terdekat. Pada prinsip nya hair growth serum tersebut bekerja dengan empat langkah, yaitu: memperbaiki asupan nutrisi untuk rambut rusak, memperbaiki struktur rambut dengan mempertebal dan memperkuat rambut anda, memperkuat akar rambut, dan memastikan aliran darah yang lancar.


Selain hair growth serum, ada solusi lain untuk anda yang lebih memilih cara mengatasi kebotakan secara alami, berikut adalah beberapa bahan alami yang berkhasiat untuk pertumbuhan rambut anda:

Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami

Lidah Buaya
Lidah buaya mungkin salah satu tumbuhan yang dikenal luas memiliki khasiat untuk pertumbuhan rambut. Ya kandungan ekstrak lidah buaya memang telah terbukti berkhasiat untuk memperbaiki sel - sel kulit dan rambut yang rusak. Pilih lah lidah buaya yang cukup tebal sehingga ekstrak yang dapat diambil pun lebih banyak. Potong menjadi beberapa bagian, kemudian ambil ekstraknya dan usapkan ke seluruh bagian rambut mulai dari pangkal hingga ujung, diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum anda bilas hingga bersih. Lakukan secara teratur setidaknya selama 2 kali dalam seminggu dalam 4 minggu berturut - turut.
Alpukat
Selain lezat untuk dikonsumsi, ternyata alpukat juga memiliki khasiat yang bagus untuk mencegah dan mengatasi kebotakan karena kandungan protein nya yang cukup tinggi. Untuk anda yang familiar dengan creambath, anda pasti tahu alpukat ini sering dijadikan bahan utama untuk creambath. Cara memakai nya sama saja yaitu dengan mengoleskan ke seluruh bagian rambut setelah sebelumnya dihancurkan sampai menjadi seperti jus. diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum anda bilas hingga bersih. Lakukan secara teratur setidaknya selama 2 kali dalam seminggu dalam 4 minggu berturut - turut.
Teh Hijau
Teh hijau sangat baik untuk mengatasi kerontokan / kebotakan karena mengandung anti oksidan yang cukup tinggi. Teh hijau juga mudah didapatkan, banyak pilihan tersedia di minimarket atau pasar terdekat. Ambil 3 - 4 kantung teh hijau kemudian seduh, pastikan konsentrasi teh hijau pada hasil seduhan cukup pekat, jangan terlalu encer. Setelah itu usapkan pada rambut anda seperti sedang berkeramas. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 45 menit sebelum anda bilas rambut anda dengan shampoo.
Bahan - Bahan Lainnya.
Beberapa jenis makanan lainnya juga dikenal cukup berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok / kebotakan meskipun khasiatnya tidak sebaik lidah buaya, alpukat, dan teh hijau. Namun demikian, jika anda teratur menggunakan nya rambut anda pun dapat menjadi tebal dan sehat kembali. Bahan  - bahan tersebut adalah: bawang putih, jahe, jeruk nipis, yoghurt, dan minyak kemiri. Untuk jahe dan bawang putih anda perlu menghaluskannya terlebih dahulu dan campur dengan air secukupnya sebelum menggunakan nya pada rambut anda. Untuk bahan lainnya bisa langsung di oleskan. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih sama yaitu 30 menit saja dan ingat kunci nya adalah teratur, minimal dilakukan setiap 2 minggu selama 2 bulan berturut - turut.  


Tips Untuk Mengatasi Kerontokan Rambut
Selain menggunakan bahan - bahan diatas, ada baiknya anda juga melakukan hal - hal ini untuk mencegah / mengatasi kebotakan / rambut rontok:
1. Hindari Sinar Matahari secara Berlebihan. Untuk anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, gunakanlah topi karena paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan folikel dan kekeringan pada rambut.
2. Jangan menggosok rambut terlalu keras. Kebanyakan dari kita menggosok rambut dengan terlalu keras saat sehabis mandi unutuk mengeringkan rambut. Kondisi rambut saat basah relatif lebih rapuh sehingga jika anda ingin meneringkan rambut, cukup taruh handuk di kepala dan gosok dengan pelan.
3. Gunakan sisir yang tidak terlalu rapat. Penggunaan sisir yang terlalu rapat berpotensi menarik rambut anda hingga ke akarnya, jadi hindari sisir yang terlalu rapat. Selain itu penggunaan kondisioner juga dapat memperkuat struktur rambut anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar